Modal utama laba besar

    Author: Ittihad Tihad Genre: »
    Rating


    Manusia selalu diberi kelebihan oleh sang pencipta disbanding dengan makhluk mahkluk yang lain , selain penciptaan yang sempura ia juga diberi sebuah modal ibadah yang siap untuk dikembangkan oleh manusianya itu sendiri.
    Disadari atau tidak banyak dari manusia yang tidak bisa mengelolal untuk mengembangkannya. Termsuk modal ibadah yang telah disediakan oleh alloh ta’ala adalah berupa rukun islam yang berjumlah lima. Dengan modal itu manusia bisa mencapai tingkat kesuksesan yang sempuran bila ia bisa mengelolanya dengan baik. Sedangkan bagi mereka yang tidak bisa mengelolanya dengan baik maka yang ia dapatkan adalah sebuah kerugian sebab modalnya tidak bisa berkembang dan tentunya tidak mendapatkan laba.
    Sering kali kita menemukan sebuah kata kata yang bermodel transaksi dari alloh untuk hambanya entah itu denganbahasa alloh membeli jiwa raga manusia , harta benda dengan syurga. Secara tidak langsung kita dituntut untuk bisa mengembangkan diri agar transaksi kita dengan Alloh tidak merugi.
    Pertama; Modal yang diberikan alloh kepada kita adalah syahadat , dimana syahadat bisa dikatakan sebagai pintu diterimanya amal kita dan modal keimanan kita yang pokok, isi dari sayahadat adalah keasian diri akan keesaan Alloh dan Nabi Muhammad adalah utusan Alloh. Dari modal syahadat ini kita bisa mengembangkan modal syahadat menjadi sebuah rutinan dzikir dengan memabaca kalimat tauhid, dimana barang siapa yang mengucapkan kalimat tauhid maka ia akan diberi imbalan syurga , kalimat tauhid juga bisa menjadi pembaharu keimanan kita kepada alloh ta’ala, dalam keseharian kita dalam menerapkan ketuhidan, bisa jadi dengan kita selalu memikirkan akan penciptaan yang maha dahsyat dan hebat, serta keajaiban keajaiban yang mengagumkan dari situlah kita akan menemukan kembali akan keesaan alloh dan bisa menambah keyakinan kita atau keimanan kita kepada alloh ta’ala.
    Adapun dengan pengakuan kita (syahadat kita) akan kanjeng nabi agung Muhammad adalah utusan Alloh, kita bisa mengembangkan diri dengan kita selalu mengikuti jejaknya dan selalu mengagungkannya namanya, entah itu dengan perilaku atau ucapan kita sehari hari, sebab segala sesuatu yang dilakukan dan diucapkan kanjeng nabi, itu tidak lain adalah hasil dari wahyu yang ia terima langsung dari alloh melalui malaikat jibril. Oleh sebab itu Alloh memerintahkan kita dengan firmannya Katkanlah Muhammad Kalo kalian semua mencintai alloh maka ikutilah aku niscaya alloh akan mencintai kalian.
    Kedua; Alloh telah memberikan kita berupa modal sholat fardlu, dimana shlat fadlu yang berjumalh 17 rokaat ini dijadikan sebagai ukuran baik buruknya amal kita, kalo kita panadai mengelola dan mengembangkannya niscaya kita akan emndapatkan nilai plus dan banus dari Alloh ta’ala.
    Selain sholat kita melakukan sholat fardlu dengan rutiin baik dan benar serta tentunya dengan selalu berjamaah, maka hendknya kita pandai pandai mengembangkan modal sholat fardlu ini dengan menambah sholat sholat sunah maktubah dimana sholat sholat sunah itu bisa menjadi penambal kekurangan sholat fadlu kita selain sholat sunah maktubah masih banyak sholat sholat sunnah yang lain sholat sunah itu mempunyai kelbihan masing masing, seperti sholat sunnah dluha dimana sholat sunah dluha adalah sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Alloh atas ni’mat yang terus mengalir kepada kita tanpa henti, sudah barang tentu barang siapa yang pandai bersyukur atas ni’mat alloh , alloh kan menmabah ni’mat tersebut, selain itu sholat sunnah dluha juga bisa menjadi shodaqoh sendi sendi kita yang berjumlah kurang lebih 360 sendi. Selain sholat sunnah dliha adala satu lagi sholat sunnah yang bisa menghantarkanmanusia kepada kemuliaan shlat sunnah itu adalah sholat sunnah Tahajud, Sholat sunnah tahajud adalah sholat sunnah yang senantiasa dilakukan oleh orang orang sholeh , selain itu sholat sunnah tahajud mempunyai sir (kelebihan yang tersembunyi) yang tidak ada disholat sunnah lain.
    Ketiga; Alloh memberikan modal puasa romadlon, dimaa puasa romadlon ini merupakan kewajiban bagi setiap muslim, serta dalam menjalani puasa ini hendaknya kita mengikhlaskan diri semata mata karena Alloh ta’ala, sebab orang berpuasa diamnya adalah baccan tasbih, tidurnya adalah ibadah dan pahalanya Alloh sendirilah yang akan memberikan, seungguh besar paahal puasa romadlon namun perlu diidngat itu baru modal kalo kita cerdas kita harus pinter mengembangkan modal ini yaitu dengan melakukan puasa sunnah, seperti puasa rutin senin dan kamis, kalo puasa senin dalam rangka memperingati hari kelahiran nabi, sedangkan puasa kamis adalah hari dimana amal kita dilaporkan, jadi alangkah indahnya saat amal kita dilaporkan laporannya tertulis bahwa kita ssedang melakuakan puasa. Selain itu ada juga puasa puasa sunnah yang lain yang hendaknya kita rutin melaksanakannya seperi puasa Arofah,Asyuro,puasa nabi dawud dan masih banyak lagi puasa puasa sunnah yang lain.
    Keempat; Harta adalah anugrah, dimana dari setiap harta yang didapat terdapat hak hak orang lain yang harus kita keluarkan, agar harta kita terjaga dari bala, hak itu biasa dinamakan zakat maal.
    Setiap satu tahun sekali kita selalu melakuakan zakat fitrah bagi yang mampu, dimana zakat fitrah itu adalah sebagai sarana untuk terangkatnya ibadah puasa kita selama sebulan ke hadorat Alloh ta’ala, selain itu zakat fitrah bisa dijadikan sebagai sarana berkasih saying antar sesame dan saling berbagi.
    Zakat Fitrah adalah sebuah kewajiban dimana kewajiban, namun sudah menjadi naluri manusia apa apa yang telah ia punyai selalu masih merasa kurang dan ingin selalu bertambah, dalam kaidah ilmu matematika harta yang di zakatkan akan berkurang, namun lain dengan kaidah agama bahwa harta yang di zakatkan akan semakin bertmabah, ibaratnya kita mancing dan ingin mendapatkan ikan maka kita harus memberikan umpan terlebih dahulu baru setelah umpan diberikan ikanpun kita dapatkan, apabila umpannya kecil ikan yang kita dapatkan tidak terlalu besar namun jika upan kita besar maka yang kan kita dapatkan adalah ikan besar. Oleh sebab itu kalo harta kita ingin selalu bertambah maka jangan hanya mengeluarkan zakat wajib saja namun keluarkan juga zakat sunahnya (infaq dan shodaqoh),selain itu apabila kita mau mengeluarkan zakat sunah dengan rutin niscaya benteng penjaga harta kita kan semakin kokoh dan kuat karena benteng itu selalu dipebaharui.
    Kelima; Haji adalah anugrah Alloh yang sangat besar yang tidak diberikan kepada setiap jiwa, karena selain tenaga haji ini harus mengeluarkan harta yang tidak sedkit haji ini juga membuthkan kekuatan fisik serta kebersihan hati dalam menjalankan ibadah sebab apa apa yang kita lakukan ditanah suci saat kita berhaji akan langsung dibalas oleh Alloh ta’ala, maka sudah menjadi bukti akan keimanan seseorang apabila telah berhaji pergi kebaitulloh. Haji ini memang wajib tapi hanya bagi yang berharta dan mampu, sedangkan bagi yang tidak mampu kita bisa mendaptakan pahala haji dan umrah dengan sempurna tanpa mengeluarkan harta banyak yaitu dengan cara kita setelah melaksankan sholat subuh hendakny kita jangan beranjak dari tempat sholat namun teruskan dengan melakukan ibadah ibadah sunnah seperti dzikir membaca alqur’an dan lain sebagainya samapa matahari terbit, setelah lakukanlah sholat isyroq dua rokaat dalam rang ka mensyukkuri akan diberikannya kita kesempatan untuk melihat kembali matahari terbit.
    Sungguh besar Laba orang yang bisa mengembangkan modal agar ia bisa mendapat laba dalam bertransaksi dengan Alloh subhanahu wata’ala.
    Semoga bisa menjadi pegangan hidup dan bisa kita lakukan bersama sama agar kelak kita tidak termasuk orang orang yang merugi. Wallohu a’lam.

    Leave a Reply

    Shoutul Haromain FM

    follow me

    VISITOR

    free counters