LA ADRI

    Author: Ittihad Tihad Genre: »
    Rating


    ibnu mas'ud r.a mengatakan: wahai manusia barang siapa yang mengethui sesuatu maka katakanlah, dan barang siapa yang tidak mengetahui hendaknya mengatakan allohu a'lam krn termasuk bagian dari ilmu apabila ia mengatakan sesuatu yang tidak ia kethui dg klmt allohu a'lam.
    ada qoul ysng senada dengan hal diatas tepatnya qoul ini diucapkan oleh ja'far shodiq r.a : apabila kamu di tanya sesuatu maka katkanalah "la adri" krn sesungguhnya kl kamu mengatakan "adri" manusia akan terus menanyai kamu sampai kamu mengatakan "la adri" dan kalo kamu mengatakan "la adri" maka manusia akan berusaha ubtuk mengajarimu shg kamu mengethui.
    imam assya'bi rohimahullohu ta'ala ditanya suatau masalah maka ia menjawab dg kalimat "la adri" maka para penanya mengatakan kepada beliau: apakah kamu tidak malu terhadap jawabanmu "la adri" sedangkan kamu terkenal dengan orang alim iraq? maka imam assya'bi berkata: sesungguhnya malaikat alaihimussalam makhluq yang paling beradapa dan berilmu dari pada kita tapi mrk tidak malu mengatakan"subhanaka la ilma lana ila ma allamtana.
    inilah sedikit petikan hikah orang2 shileh smg bermanfaat dan dapat diambil pelajaran serta dijadikan i'tibara aakan ketwadlu'an mereka dalam menangani sebuah masalah, mrk tidak ingin tamapak "wah" dihadapan orang banyak meski sesungguhnya mereka olang yang sangat "wah".
    adakah yang uang seperti mereka saat yang berada di sekeliling kita? kl ada jangan sia2kan kl tidak ada carilah samapai engakau menemukannya. wallohu a'lam

    Leave a Reply

    Shoutul Haromain FM

    follow me

    VISITOR

    free counters