BERHALAPUN BERSUJUD KEPADA ALLAH TA'ALA

    Author: Ittihad Tihad Genre: »
    Rating

    Oleh

    Darwis Gulbung


    MATAHARI beranjak tenggelam di telan bumi. Malampun datang begitu indah di temani kelab-kelib bintang dan sinar bulan. Cahaya lentera tidak kalah indah menyinari rumah penduduk Qurais. Padang pasirpun begitu tenang, tidak berterbangan seperti biasanya.
    Datanglah seseorang memegang tongkat yang udah tua (orang yahudi) kesana-kemari, menanyakan setiap orang yang berjumpa dengannya. entah apa yang di tanyakannya malam-malam begini seperti orang kehilangan sesuatu. tapi, masih belum jelas apa yang ditanyakannya.

    Akhirnya ketika orang yahudi tadi sampai terhadap majlis petinggi-tinggi Qurais yang berkumpul di darun nadwah (suatu tempat terhormat bagi orang Qurais) dan orang tadi bertanya: wahai orang Qurais, apakah ada bayi yang dilahirkan pada malam ini terhadap kalian..? mereka menjawab: Demi Tuhan, saya tidak mengetahuinya.

    Saya katakan lagi yaa, terhadap kalian. Wahai orang Qurais; malam ini, akan dilahirkan Nabi terhadap Ummat terakhir, yaitu akan lahir diantara kalian wahai orang Qurais dan di antara dua pundaknya terdapat tanda seperti tahi lalat yang menunjukkan alamat Nabi terakhir.

    Mendengar kabar dari orang yahudi tadi, orang Qurais ta'jub dengannya dan langsung berpencar pulang memberi kabar terhadap keluarga sanak famili serta kaumnya, mungkin siapa tau ada keluarga atau kaumnya yang melahirkan bayi pada malam ini. tidak lama mereka mencari kabar kemunculan seorang bayi, mereka langsung kembali berkumpul ketempat darun nadwah dan memberitakan terhadap orang yahudi tadi: telah lahir malam ini putra Abdulloh Bn Abdul Muttholib yang di beri nama Muhammad.

    Kalau begitu, mari kita lihat si bayi (Nabi Muhammad Saw.) kerumahnya, kata si yahudi. setelah sampai dirumah si bayi, yahudi tadi meminta kepada sang Ibu (Sayyidah Aminah) untk memperlihatkan pundak si bayi. Tapi apa yang terjadi..? orang yahudi tadi langsung jatuh pingsan tidak sadarkan diri, baru setelah sadar kembali, orang Qurais berkata terhadap orang yahudi: celakah kamu, apa yang terjadi...? orang Yahudi berkata: tahukah kalian wahai orang Qurais..? demi Allah, telah pindah kenabian dari Bani Israil. apakah kalian bangga terhadapnya..? maka ingatlah, demi Allah akan berpengaruh (menguasai) Muhammad dari timur sampai barat.

    Dengan tanda kenabian ini, orang Qurais yang pertama kali menyaksikan Nabi Muhammad Saw. adalah Nabi yang terakhir. tp mengapa petinggip-petinggi orang Qurais tidak beriman? padahal mereka menyaksikan tanda-tanda kenabian dan mu'jizat beliau.

    ******

    Dikatakan juga pada malam kelahiran bayi Muhammad, berhala-berhala yang terdapat di situ mengalami kerusakan dan kemusnahan.

    Menurut riwayat daripada Abdul Mutalib, “Ketika aku sedang berada di Kaabah, tiba-tiba berhala jatuh dari tempatnya dan sujud kepada Allah. Lalu aku mendengar suara dari dinding Kaabah berkata” telah lahir nabi pilihan yang akan membinasakan orang kafir dan mensucikanku daripada berhala-berhala ini dan akan memerintahkan penyembahan Yang Maha Mengetahui.”

    Selain itu di tempat yang lain pula terjadi gempa di mahligai Kisra dan menyebabkan mahligai tersebut retak. Keadaan ini merupakan di antara tanda -tanda keruntuhan kerajaan tersebut. Kejadian luar biasa lainnya, api di negara Parsi (iran) yang tidak pernah padam hampir selama seribu tahun telah padam dengan sendirinya. Api tersebut merupakan api sembahan orang-orang Majusi yang dianggap sebagai tuhan. Peristiwa itu tentu saja mengejutkan orang Parsi.

    Sumber : "As Sairotul Al Halabiyah". Oleh; Al-'Allamah Abi Al-Faroj Al-Halaby As-Syafi'i.


    Ghurfah Abu Bakar @Penjaraku surgaku@

    Leave a Reply

    Shoutul Haromain FM

    follow me

    VISITOR

    free counters