PELAJARAN DARI SEBUAH RIHLAH

    Author: Ittihad Tihad Genre:
    Rating


    Oleh Ibnu Alwan

    Rihlah ( rekreasi ), adalah sebuah momentum untuk rowih qolb ( mengistirahatkan diri kita) atau bahasa gaulnya refreshing dari segala kepenatan hidup, dari hiruk pikuk dunia yang kadang kala sangat membosankan atau bahkan menyebalkan.

    maka dengan adanya momentum rihlah atau rekreasi yang menyenangkan diri kita itu akan mengurangi sedikit beban yang kita pikul di dunia ini.

    Maka dari itu sangatlah penting bagi diri kita sebuah rihlah dalam mengistirahatkan diri kita, supaya kita tidak stress dan bingung serta sedih yang berkepanjangan...

    lantas bagaimanakah rihlah atau rekreasi atau melihat keindahan alam semesta ini bisa menjadikan diri kita santai dan sedikit berkurang rasa sedih kita?.

    yang pasti rihlah yang menjadikan diri kita tenang tiada lain kita masih harus menjaga kode etik agama yang telah diajarkan dalam diri kita, yaitu sebuah rihlah yang mana di situ tidak menerjang apa yang telah di larang oleh agama kepada kita, karerna hakikat sebuah larangan adalah kemaslahatan bagi diri kita sendiri.

    jikalau dalam sebuah rihlah itu ada menerjang akan aturan agama, maka tidaklah ketenangan yang kita dapatkan akan tetapi sebuah kegundahan baru yang akan muncul menghinggap dalam diri seseorang itu, artinya dia akan mengalami kesedihan yang amat setelah rihlah atau rekreasi.

    Rihlah yang sangat berarti adalah bukan hanya untuk diri kita, akan tetapi untuk kemaslahatan yang lain juga,,, sebagaimana rihlah yang di jalani oleh Rosululloh shollallohu alaihi wasallam, yang manfaatnya berlaku sepanjang zaman bagi ummat manusia di dunia ini.

    sebuah perjalanan dalam rangka menghibur Rosululloh dikala wafatnya dua orang yang terkasih yaitu sayyidah khodijah dan paman beliau Abi tholib.

    perjalanan yang penuh dengan sebuah pelajaran serta sarat dengan nilai yang agung yang hanya ditempuh dalam waktu semalam, dari masjidil harom ke masjidil aqsho, kemudian dteruskan naik ke sidrotul muntaha dan mustawa.

    di antara manfaat yang bisa kita ambil dari sebuah rihlah isro' dan mi'rojnya Rosululloh shollallohu alaihi wasallam adalah sebagai berikut :

    1. sholat 5 waktu yang nilainya sama dengan sholat 50 kali

    2. akhir surat al baqoroh yang di mulai dari ayat 285 -286

    3. masalah niat baik yang apabila tidak dilaksanakan maka mendapatkan janji pahala satu, dan jika di laksanakan maka mendapatkan pahala 10 sampai berlipat ganda menurut kadar keikhlasannya, dan jika berniat jelek kemudian tidak melaksanakannya maka di beri janji pahala satu dan jika melaksanakannya maka di catat dosa satu, itupun masih ada tenggang waktu apakah taubat atau melaksanakan kebaikan ataukah tidak.

    sebenarnya masih banyak lagi pelajaran yang bisa kita ambil dan kita implementasikan dalam kehidupan sehari - hari dari sebuah momentum rihlah isro' dan mi'rojnya Rosululloh. akan tetapi sebagai pengingat saja, bahwa dari tiga manfaat di atas menunjukkan bahwa luasnya rohmat Alloh yang di berikan kepada ummat Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam tinggal kita mau mengambil kesempatan ini ataukah kita justru melupakan dan meremehkannya?

    inilah salah satu contoh rihlah yang bisa menghilangkan akan kepenatan diri kita dalam menghadapi hidup ini, sebuah rihlah atau rekreasi tidak hanya ke tempat yang di jejali, penuh sesak dengan keramaian dan berbagai hiburan, akan tetapi yang terpenting hanyalah menghasilkan ketenangan hati kita.

    Rihlah juga kita bisa dapatkan dengan cara yang mudah dan murah meria yaitu dengan cara rihlah ( rekreasi ) hati kita dengan cara sholat, membaca dzikir dan sholawat kepada Rosululloh shollallohu alaihi wasallam, yang telah di janjikan oleh Alloh bahwa " ingat dengan berdzikir hati akan tenang".

    inilah yang di namakan rihlah kita dalam alam arwah, yang justru kita akan merasakan ketenangan dari sini...meski rihlah tadabburiyah ( berfikir akan kekuasaan Alloh dalam penciptaan alam semesta) ini juga sangat membantu dalam menghilangkan kepenatan diri kita. akan tetapi rihlah hati kita itu juga di butuhkan dalam kehidupan diri kita di dunia maupun di akhirat,,,

    Semoga kita semua di jadikan oleh Alloh sebagai orang yang selalu mendapatkan ridlo Alloh dan nadhroh dari Rosululloh shollallohu alaihi wasallam. amin amin yaa robbal 'alamin

    Leave a Reply

    Shoutul Haromain FM

    follow me

    VISITOR

    free counters