Profesi

    Author: Ittihad Tihad Genre: »
    Rating


    Tekunilah profesi yang sedang dijalani apapun itu sebab dari sebuah ketenunan akan muncul kesuksesan dan jangan bosan dengan profesi anda, in di ibaratkan anda sedang menggali sumur belum muncul mata airnya sudah menggali lagi sumur yang lain sehingga tidak akan pernah berhasil dalam mencari mata air tetapi apabila anda hanya menggali satu sumur saja dengan penuh sabar nisacaya mata air itu akan segera di ketemukan (number).
    Dalam sebuah kalam hikmah di sebutkan
    من جد وجد
    Barang siapa yang tekun niscaya ia akan menemukan (Kesuksesan).
    Kehidupan dunia ini ibarat roda yang terus berputar apabilla kita sedang dibawah maka berarti suatu saat kita akan diatas, asalkan kita bisa sabar untuk menunggu; sebuah kesuksesan tidak bisa serta merta di dapat dengan satu kali gerakan akan tetapi dengan pelan pelan dan merangkak sedikit demi sedikit.
    حبة حبة بارك فيها المولى تلقى الحبوب
    (chabbah chabbah baroka fiihal maula tulqil chubub)
    Sebiji sebiji (sedikit demi sedikit) alloh memberkati maka akan menjadi beberapa biji (banyak)
    Kalo dalam bahasa indonesia kita biasa mendengar peribhasa Sedikit demi sedikit lama lama akan menjadi bukit
    Jadi apapun profesi anda jalanilah dengan senang hati dan ikhlas insya alloh suatu saat akan mendapat hasil yang memuaskan.
    Apabila anda menjadi seorang guru maka jadilah guru yang baik dalam memberikan pelajaan dan tingkah laku. Dan jangan lupa sertakan do'a untuk murid murid anda. Bisa jadi kalo anda menjadi guru yang baik anda termasuk dalam firman Alloh,
    كونوا ربانيين بما كنتم تعلمون الكتاب وبما كنتم تدرسون
    (Kunuu Robba Niyyiina Bima Kuntum Tu'allimul kitaba Wa Bima Kuntum Tadruusn )

    "Hendakalah kamu menjadi orang orang Rabbani Karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarimya".(Q-S ali Imron 79)
    Yaitu anda mendapatkan predikat Rabbani` (seorang pendidik sejati).

    Apabila anda menjadi seorang pekerja maka jadilah pekerja yang baik dan penuh tanggung jawab
    Firman Alloh
    ليس عليكم جناح ان تبتغوا فضلا من ريكم

    (Laisa Junachun an tab taghu fadlan min Robbikum)

    '"Tidak ada dosa bagimu untuk mencari karunia dari tuhanmu(Q-S Al Baqoroh 198)
    karenaa dengan anda bekerja berarti anda telah mengikuti jejak para nabi dimana setiap para nabi mempunyai pekerjaan tertentu untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Seperti dalam hadits yang diriwayatkan Abi Huroiroh Rodliallohu Anhu Nabi shollallohu Alaih wasallam bersabda bahwa Anbi zakariyya bbekerja sebagai pedagang sedangkan imam Ibnu Abbas mengatakan bahwa Nabi adam bekerja menjadi petani, Nabi Nuh tukang kayu, Nabi Idris sebagai tukang jait, Nabi Ibrohim dan Luth sebagai petani,Nabi Sholeh sebagai pedagang, Nabi dawud sebagai tukang besi, Nabi musa,Nabi Syuaib dan Nabi Muhammad sebagai penggembala Sholawatullohi alahim.
    Diri sini kita bisa mengambil pelajaran apapun profesi anda jangan berkecil hati karena semuanya itu adalah anugrah Alloh yang di berikan kepada kita sedangkan tugas kita hanya menekuni dan mensyukuri, karena dengan mensyukuri niscaya Alloh akan menambah nikmat.

    Apabila anda menjadi seorang da'I maka jadilah da'I yang seanantiasa bisa memberi mafaat kepada orang laintidak memanfaat kan orang lain karena sebaik baik orang adalalah orang yang bermanfaat untuk orang lain.
    Da'I dalah profesi yang paling mulia di muka bumi karena ini adalah tugas utama yang di bawa oleh para Nabi.
    Dalam kalam hikmah di sebutkan
    إن لم تكونوا مثلهم فتشبهوا,إن التشبه بالرجال فلاح
    (Inlam Takunu mitslahum Fatasyabbahu, Innat Tasaybbuha bir Rijali Falachun)
    Kalo tidak bisa seperti mereka maka menirulah seperti mereka<>

    Leave a Reply

    Shoutul Haromain FM

    follow me

    VISITOR

    free counters