Shalat Isya’ di belakang Tarawih

    Author: Ittihad Tihad Genre: »
    Rating

     
    Seseorang datang di Masjid dan mendapati orang-orang sudah shalat Isya’ dan kini sedang menjalankan shalat Tarawih. Ia lalu niat shalat Isya’ dan bergabung dengan mereka. Bagaimanakah hukum shalat Isya’ orang tersebut?
    Muhammad, Gunung Sari Batu Malang


    Jawaban:
    Seseorang dianggap telah mendapat keutamaan shalat berjama’ah meski ia baru datang dan bertakbir ketika Imam telah duduk Tahiyyat Akhir. Termasuk kemudahan lagi dalam beroleh keutamaan shalat berjama’ah adalah ketika status shalat Imam dan shalat Ma’mum tidak harus sama. Bisa jadi status shalat Imam adalah sunnah dan shalat Ma’mum adalah wajib seperti diriwayatkan oleh Jabir ra bahwa Muadz bin Jabal ra mengikuti shalat berjamaah Isya’ bersama Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

    Setelah sampai di kampungnya, Muadz pun shalat kembali menjadi Imam bagi penduduk kampungnya yang ketika itu belum shalat Isya’. (HR Bukhori Muslim). Atau status shalat Imam adalah wajib dan shalat Ma’mum adalah sunnah seperti disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melihat seorang shalat sendirian, Beliau lalu bersabda: “ Adakah seseorang yang akan memberikan sedekah kepadanya, lalu mau shalat bersamanya “ [ HR Abu Dawud Turmudzi Ibnu Khuzaimah Ibnu Hibban Hakim ]

    Leave a Reply

    Shoutul Haromain FM

    follow me

    VISITOR

    free counters