Nabi Muhammad

    Author: Ittihad Tihad Genre: »
    Rating



    Nasab Mulia Nabi Muhammad saw.

    Beliau adalah Muhammad bin Abdullah bin Abdul Mutthalib bin Hasyim bin Abdu Manaf bin Qushayyi bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luayyi bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin Nadhr bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudlar bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan… sampai kepada al-Khalil, Nabi Ibrahim as.

    Kelahiran Nabi Muhammad saw.
    Beliau dilahirkan pada hari Senin bulan Rabiul Awal tahun Gajah. Ada yang mengatakan: tanggal 2, tanggal 3, dan ada yang mengatakan tanggal 12. Dan inilah yang masyhur menurut mayoritas (ulama). Hari Senin adalah hari yang penuh barakah. Telah diriwayatkan dari Imam Ahmad bahwa sesungguhnya sahabat Ibnu Abbas berkata, 
    وُلِدَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَوْمَ الْإِثْنَيْنِ ، وَاسْتُنْبِىءَ يَوْمَ الْإِثْنَيْنِ ، وَخَرَجَ مُهَاجِرًا مِنْ مَكَّةَ إِلَى الْمَدِيْنَةِ يَوْمَ الْإِثْنَيْنِ ، وَتُوُفِّيَ يَوْمَ الْإِثْنَيْنِ ، وَرَفَعَ الْحَجَرَ يَوْمَ الْإِثْنَيْنِ
    “Rasulullah saw. dilahirkan pada hari Senin. Diangkat sebagai nabi pada hari Senin. Keluar hijrah dari Makkah ke Madinah pada hari Senin. Wafat pada hari Senin. Mengangkat Hajar Aswad pada hari Senin.” 
    Dan dikatakan bahwa beliau terlahir dalam kondisi telah berkhitan dan telah terputus tali pusarnya.
    Pada malam kelahiran beliau, terjadi sekian banyak keajaiban dan keanehan. Di antara keajaiban dan keanehan itu adalah terjatuh dan terjungkalnya berhala-berhala pada malam itu dari tempatnya. Keajaiban lainnya adalah munculnya cahaya bersama dengan beliau sehingga cahaya itu menerangi istana-istana Syam kala beliau lahir. Keajaiban lainnya adalah tergoncangnya istana Kisra, runtuhnya teras-teras, dan padamnya api abadi yang belum pernah padam semenjak seribu tahun sebelumnya, serta surutnya danau Sawat.

    Para Pengasuh dan Ibu Susu Nabi Muhammad saw.

    Wanita yang pertama kali menyusui beliau adalah ibunda beliau sendiri, yaitu Sayyidah Aminah az-Zuhriyah, kemudian Tsuwaibah al-Aslamiyah beberapa hari. Tsuwaibah adalah budak perempuan milik Abu Lahab. Abu Lahab memerdekakannya ketika budaknya itu memberikan berita gembira tentang kelahiran beliau sebagaimana diriwayatkan oleh al-Bukhari secara muallaq. Setelah meninggal dunia, Abu Lahab terlihat dalam mimpi. Dia menceritakan bahwa dirinya mendapatkan keringanan (dispensasi) siksa setiap hari Senin dikarenakan dia memerdekakan Tsuwaibah karena begitu sangat senangnya dia dengan kelahiran Rasulullah saw. Ibnu Mandah menyebut Tsuwaibah sebagai kalangan generasi sahabat. Dan mengenai hal ini ada perbedaan pendapat di kalangan ulama. Tsuwaibah pernah datang menjumpai Rasulullah saw. usai beliau menikah dengan Khadijah ra. Beliau dan Khadijah begitu menghormati dan memuliakannya. Beliau sering kali mengirim utusan kepada Tsuwaibah dengan membawa pakaian dan tali asih sampai dia meninggal dunia.
    Beliau kemudian disusui oleh Halimah binti Abi Dzuaib as-Sa’diyah. Halimah membawa serta beliau pulang ke negerinya yang berada di belakang Thaif di kalangan Bani Saad. Menurut pendapat yang shahih, beliau tinggal di Bani Saad selama 4 tahun. Dengan menyusui beliau, Halimah mendapatkan kebaikan yang melimpah-ruah berupa kelapangan rezeki dan kemakmuran (ketenteraman) hidup. Puteri Halimah as-Sa’diyah, bernama asy-Syima’, turut serta mengasuh beliau bersama ibundanya. Halimah membawa beliau kembali karena kekhawatiran ada sesuatu menimpa beliau pasca peristiwa pembelahan dada, sementara pada saat itu beliau berusia 5 tahun.
    Kemudian Halimah tidak lagi pernah melihat beliau kecuali dua kali. Kali pertama adalah setelah beliau menikah dengan Khadijah. Dia datang mengadukan krisis ekonomi (paceklik) yang menimpanya. Sayyidah Khadijah lalu memberinya 20 ekor kambing dan beberapa ekor unta. Kali kedua adalah pada peperangan Hunain. 
    Wanita yang juga menyusui beliau adalah Ummu Aiman Barakah al-Habasyiyah. Nabi Muhammad saw. mendapatkan warisan Ummu Aiman dari ayahanda beliau. Tatkala dewasa, Ummu Aiman dimerdekakan beliau dan dinikahkan oleh beliau dengan Zaid bin Haritsah.

    Masa Tumbuh Kembang Nabi Muhammad saw.  

    Beliau tumbuh dalam keadaan yatim. Ayahanda beliau wafat pada saat beliau berada dalam kandungan. Beliau lalu diasuh oleh kakeknya, yaitu Abdul Mutthalib. Ketika berumur 6 tahun, sang ibunda membawa beliau pergi ke Madinah Munawwarah bersama dengan Ummu Aiman Barakah al-Habasyiyah, yang mengasuhnya, dalam rangka ziarah kepada saudara-saudara ibundanya dari Bani Najjar. Ibunda tinggal dengannya di Bani Najjar selama sebulan, kemudian pulang, lalu sakit di perjalanan. Sang ibunda lalu wafat dan dimakamkan di Abwa’. Ummu Aiman membawa beliau pulang ke Makkah diserahkan kepada kakeknya, yaitu Abdul Mutthalib. Ada yang mengatakan, ibunda beliau dibawa ke Makkah setelah itu lalu dimakamkan di situ. Hal ini diceritakan oleh Ibnul Jauzi dalam kitab al-Wafa. Kemudian kakek beliau wafat pada saat umur beliau 8 tahun. Beliau lalu diasuh oleh sang paman, yaitu Abu Thalib, atas dasar wasiat dari sang kakek. Abu Thalib adalah saudara kandung ayahanda beliau, Abdullah. Abu Thaliblah penjaga, pemelihara, dan pembela total beliau dari musuh-musuh beliau. Abu Thalib dulunya adalah seorang yang miskin, lalu menjadi makmur dan melimpah kekayaannya berkah dari mengasuh al-Musthafa. Tatkala mencapai umur 12 tahun, beliau pergi bersama dengan sang paman ke negeri Syam, namun sang paman bergegas membawa beliau balik pulang karena khawatir kaum Yahudi mencelakai beliau tatkala dia mendapatkan peringatan hal itu dari seorang pendeta bernama Buhaira.
    Beliau pergi ke negeri Syam untuk kedua kalinya bersama dengan Maisarah, pembantu Khadijah, untuk menjalankan perniagaan milik Khadijah. 

    Keadaan Nabi Muhammad saw. Sebelum Bi’tsah 

    Jauh sebelum bi’tsah (diangkat sebagai nabi), beliau adalah sosok religius dan ahli ibadah. Membenci berhala. Tidak menyukai perkara haram. Beliau dahulu pernah mengembala kambing, dan bersabda, “Allah tidak mengutus seorang nabi kecuali (nabi itu) menggembala kambing.” Ditanyakan kepada beliau, “Engkau juga?!” Beliau bersabda, “Iya!”. (H.R. Bukhari)
    Beliau dulunya pernah sibuk berniaga. Adalah Saib bin Abi Saib melakukan kerja sama niaga dengan beliau, sehingga pada hari Fathu Makkah, beliau berkata kepadanya, “Selamat datang, wahai saudaraku dan partner/mitra (bisnis)ku.”
    Beliau tidak menipu dan tidak pula bertengkar. Beliau menjalankan perniagaan Khadijah dan untuk tujuan itu beliau pergi ke negeri Syam dan pulang dengan membawa keuntungan luar biasa yang tidak terbayangkan. Umur beliau saat itu adalah 25 tahun.

    Nama-nama Nabi Muhammad saw.

    Di antara nama-nama beliau adalah bahwasanya beliau bersabda, “Aku Muhammad. Aku Ahmad. Aku al-Mahi (penghapus) yang dengan aku, Allah menghapus kekufuran. Aku al-Hasyir (penghimpun) yang menghimpun segenap manusia di atas telapak kakiku. Aku al-Aqib (pamungkas), maka tidak ada nabi lagi setelahku.” Dalam riwayat lain disebutkan, “Aku al-Muqaffa (yang dimuliakan), nabi pertaubatan, dan nabi rahmat.” Dan dalam shahih Muslim ditambahkan, “Dan aku juga nabi malhamah (pembantai yang kejam).” 
    Dan dalam kitab suci al-Qur’an, Allah memberinya nama: Basyir (pembawa berita gembira), Nadzir (pembawa peringatan), Siraj (pelita), Munir (penerang), Rauf (pelimpah kasih), Rahim (penyayang), rahmat bagi semesta alam, Muhammad (yang banyak dipuji), Ahmad (yang banyak memuji), Thaha, Yasin, Muzammil (orang yang berselimut), Muddatsir (orang yang berkemul), dan Abd’ (hamba), dalam firman-Nya,
    وَأَنَّهُ لَمَّا قَامَ عَبْدُ اللهِ يَدْعُوْهُ
    Dan bahwasanya tatkala hamba Allah (Muhammad) berdiri menyembah-Nya (mengerjakan ibadah). (Q.S. al-Jinn: 19)
    Allah menamakannya Abdullah (pada ayat ini). Dan menamakannya an-Nadzir al-Mubin (pemberi peringatan yang menjelaskan) pada firman-Nya yang terpuji nan luhur,
    وَقُلْ إِنِّى أَنَا النَّذِيْرُ الْمُبِيْنُ 
    Dan katakanlah: “Sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan yang menjelaskan.” (Q.S. al-Hijr: 89)
    Dan memberinya nama Mudzakkir (pemberi peringatan) dalam firman-Nya yang suci,
    إِنَّمَا أَنْتَ مُذَكِّرٌ
    Sesungguhnya kamu hanyalah orang yang memberi peringatan. (Q.S. al-Ghasyiyah: 21)
    Dan nama-nama yang lain. Nama-nama tersebut secara dominan berupa sifat.


    Tanda-tanda Kenabian

    Awal tanda kenabian yang bisa diindera adalah pembelahan dada beliau yang mulia. Pembelahan dada ini telah terjadi pertama kali saat beliau masih kecil dalam asuhan Halimah ketika beliau berumur 4 tahun menurut pendapat yang shahih. Adapun kedua kali, dada beliau dibelah pada usia 10 tahun. Ketiga, dada beliau dibelah saat malaikat Jibril turun membawa wahyu pada saat (awal) beliau diangkat menjadi Nabi. Sedang keempat terjadi pada malam Isra’ sebagaimana diceritakan dalam dua kitab hadits shahih. Dan ketahuilah sesungguhnya seluruh kejadian pembelahan dada berikut dikeluarkannya hati beliau merupakan perkara yang harus dipercaya secara total (taslim) tanpa berupaya memalingkan masalah jauh dari hakikatnya karena otoritas kemahakuasaan. Maka, tidak ada sesuatu yang mustahil dari kejadian itu.

    Stempel (Cap) Kenabian

    Dan di antara tanda kenabian adalah stempel (cap) kenabian. Ada perbedaan pendapat mengenai ciri stempel kenabian itu, namun pendapat yang masyhur menyatakan bahwa stempel itu laksana telur burung dara dan berupa sepotong daging yang menonjol (yang tinggi) pada punggung beliau di sisi penggerak pundak yang sebelah kiri. Stempel itu memancarkan cahaya berkilauan, menambah kewibawaan beliau, dan menghembuskan bau harum.

    Mimpi yang Baik

    Mimpi yang baik (ar-ru’yah ash-shalihah) termasuk sekian dari tanda kenabian. Beliau tidak bermimpi kecuali mimpi itu menampak seperti cakrawala waktu shubuh. Beliau melihat sinar terang dan cahaya sekaligus mendengar suara. Bebatuan dan pepohonan kerap kali mengucapkan salam kepada beliau. Dan beliau selalu dinaungi awan.

    Putera-puteri Nabi Muhammad saw.

    Putera-puteri beliau yang pertama adalah Qasim. Dengan Qasim itulah beliau diberi gelar panggilan. Lalu Abdullah yang bergelar Thayyib (orang yang baik) dan Thahir (orang yang bersih). Ada yang mengatakan Thayyib lain dengan Thahir. Kemudian Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum, dan Fatimah. Semoga Allah swt. meridlai mereka semua.
    Putera-putera beliau meninggal sebelum Islam pada saat mereka masih kecil, sedang puteri-puteri beliau semua menjumpai Islam dan turut berhijrah bersama beliau. Semuanya dari Khadijah ra.
    Di Madinah, lahir putera beliau bernama Ibrahim dari Mariyah. Ibrahim meninggal dalam umur 70 malam. Ada yang mengatakan: 7 bulan. Ada pula yang mengatakan: 8 bulan. Putera-puteri beliau kesemuanya meninggal saat beliau masih hidup kecuali Fatimah. Fatimah wafat 7 bulan setelah wafat beliau. Zainab sebagai puteri tertua menikah dengan Abul Ash bin Rabi’ dan telah masuk Islam. Dari keduanya lahirlah Ali (yang meninggal semasa kecil) dan Umamah, yang diceritakan pernah digendong oleh beliau sewaktu shalat. Umamah lalu dinikahi oleh Ali sepeninggal bibinya, yaitu Fatimah, atas dasar wasiat dari Fatimah. (Sepeninggal Ali), Umamah dinikahi oleh Mughirah bin Naufal bin Harits bin Abdul Mutthalib dan melahirkan putera bernama Yahya. Sang putera, Yahya, meninggal di sisi Mughirah.
    Sementara itu, Fatimah menikah dengan Ali ra. dan melahirkan Hasan, Husain, dan Muhsin. Semoga Allah meridlai mereka semua. Muhsin meninggal semasa kecil. Fatimah juga melahirkan Ruqayyah, Zainab, dan Ummu Kultsum. Ruqayyah meninggal sebelum baligh. Zainab (binti Ali, pen.) menikah dengan Abdullah bin Ja’far, lalu melahirkan putera bernama Ali dan meninggal. Ummu Kultsum (binti Ali, pen.) dinikahi oleh Umar bin Khatthab ra. dan melahirkan putera bernama Zaid. Sepeninggal Umar, Ummu Kultsum dinikahi oleh Auf bin Ja’far, kemudian (dinikahi) saudaranya, bernama Abdullah.
    Adapun Ruqayyah (binti Rasulullah saw., pen.), ia dinikahi oleh Usman bin Affan ra. dan melahirkan Abdullah. Ruqayyah meninggal pada hari saat Zaid bin Haritsah datang membawa berita kemenangan di peperangan Badar. Usman lalu menikahi Ummu Kultsum, saudaranya Ruqayyah. Ummu Kultsum meninggal di sisi Usman pada bulan Sya’ban tahun 9 hijriyah.

    Isteri-isteri Nabi Muhammad saw.

    Isteri-isteri Nabi Muhammad saw. adalah Khadijah binti Khuwailid ra. Dia hidup bersama beliau sebelum wahyu turun selama 15 tahun, dan setelah wahyu turun sampai dengan masa sebelum hijrah selama 3 tahun. Dia meninggal di sisi beliau. Kemudian Saudah binti Zam’ah ra. Ia wanita tua di sisi beliau. Beliau pernah berkehendak menceraikannya, lalu ia memberikan harinya untuk Aisyah ra. Katanya, “Aku tidak lagi membutuhkan laki-laki. Namun, aku berharap dapat terhimpun kelak di kalangan isteri-isteri beliau.” Termasuk keistimewaan Saudah adalah ia satu-satunya wanita yang mendampingi beliau selama 3 tahun pasca wafatnya Khadijah ra.
    Kemudian ada Aisyah binti Abu Bakar ra. Rasulullah saw. menikahinya di Makkah dua tahun sebelum hijrah, dan ada yang mengatakan tiga tahun, sementara saat itu dia baru berumur 6 atau 7 tahun. Beliau baru membina rumah tangga dengannya di Madinah ketika umurnya 9 tahun. Beliau wafat ketika Aisyah berumur 18 tahun. Ia wafat tahun 58 hijriyah, dan ada yang mengatakan, bukan tahun itu. Beliau tidak menikah dengan perawan selain wanita yang dikenal dengan panggilan Ummu Abdillah tersebut.
    Ada pula Hafshah binti Umar bin Khatthab ra. Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad saw. menceraikannya, lalu Jibril turun dan berkata, “Sesungguhnya Allah, Dzat Yang Maha Mulia dan Maha Tinggi memerintahkan engkau agar ruju’ dengan Hafshah, karena dia wanita yang rajin berpuasa lagi rajin bangun malam.” Dalam satu riwayat, Jibril menambahkan perkataan, “Sebagai satu rahmat bagi Umar ra.” Hafshah wafat tahun 45 hijriyah, tapi ada juga yang mengatakan bukan tahun itu.
    Nabi Muhammad saw. juga menikah dengan Ummu Habibah, Ramlah binti Abu Sufyan ra., sewaktu dia berada di negeri Habasyah. Mas kawinnya dibayar oleh raja Najasyi sebanyak 400 dinar. Dan sebagai pengatur pernikahannya adalah Usman bin Affan ra. Ia wafat tahun 44 hijriyah. Beliau juga menikah dengan Ummu Salamah Hindun binti Umayyah ra. Ia meninggal tahun 62. Dialah isteri beliau yang wafat paling belakangan. Pendapat lain mengatakan, isteri beliau yang wafat belakangan adalah Maimunah ra.
    Beliau menikah juga dengan Zainab binti Jahsy ra. Ia wafat di Madinah tahun 20. Dialah di antara isteri-isteri beliau yang wafat paling awal. Dia juga orang yang pertama kali dibawa di atas keranda. Beliau menikah juga dengan Juwairiyah binti Harits yang ditawan pada waktu perang Bani Musthaliq. Dia lalu dimerdekakan oleh beliau dan dinikahi. Ia wafat tahun 56. Beliau menikah pula dengan Maimunah binti Harits ra., bibi dari Khalid bin Walid dan Abdullah bin Abbas ra. Dia wanita terakhir yang dinikahi beliau. Dia wafat tahun 51. Ada yang mengatakan tahun 66. Jika (pendapat terakhir ini tepat), maka dialah isteri yang meninggal paling belakangan di antara isteri-isteri beliau, tentunya selain Khadijah ra., yang telah wafat jauh sebelumnya.  
    Rasulullah saw. nikah dengan Shafiyah bin Huyayyin bin Akhthab dari anak keturunan Nabi Harun as. Ia ditawan pada perang Khaibar lalu dimerdekakan oleh beliau dan kemerdekaannya itu dijadikan beliau sebagai maskawin. Wafat tahun 50. Beliau juga menikahi Zainab binti Khuzaimah ra., ibunda orang-orang miskin, tahun 3 hijriyah. Dia hanya tinggal bersama beliau selama 2 atau 3 bulan lalu wafat. 
    Wanita-wanita tersebut di muka secara nyata pernah dipergauli beliau. Makam mereka di Baqi’ cukup dikenali, kecuali Sayyidah Khadijah yang makamnya ada di Hujun kawasan Makkah dan Sayyidah Maimunah di Wadi Saraf arah Wadi Fatimah di dekat Makkah.
    Beliau pernah menikah pula menikahi Fatimah binti Dlahhak. Dia lalu disuruh memilih oleh beliau saat turun ayat takhyir (seruan bagi isteri-isteri beliau untuk memilih antara hidup dengan beliau atau memilih dunia, pen.). Dia memilih dunia. Beliau lalu menceraikannya. Setelah itu dia kecewa dan menyesal bukan alang kepalang. Katanya, “Aku wanita celaka. Aku memilih dunia.”
    Beliau menikahi pula Asaf, saudara dari sahabat Dihyah al-Kalbi, dan Khaulah binti Hudzail. Ada yang mengatakan: (Khaulah) binti Hakim. Dialah wanita yang menyerahkan (mempersembahkan) dirinya kepada beliau. Pendapat lain mengatakan, wanita yang menyerahkan (mempersembahkan) dirinya kepada beliau adalah Ummu Syarik.
    Dan juga (menikahi) Asma’ binti Ka’ab al-Jawaniyah ra., namun dicerai beliau sebelum sempat digauli. Ada juga seorang wanita dari suku Ghifar, lalu beliau melihat ada putih-putih pada dirinya. Beliau lalu menyerahkannya kembali kepada keluarganya. Beliau pernah menikahi Amimah. Ketika hendak digauli beliau, ia berujar, “Aku berlindung kepada Allah dari engkau.” Beliau bersabda, “Allah menolak wanita yang berlindung. Kembalilah kepada keluargamu.” Ada Aliyah binti Dzabyan. Beliau menceraikannya ketika ia baru hendak bergaul dengan beliau. Ada Bintu ash-Salath. Ia meninggal sebelum beliau menggaulinya. Ada Mulaikah al-Laitsiyah. Sebagian ulama berkata: “Dialah wanita yang memohonkan perlindungan kepada Allah (dari beliau).” Beliau lalu menceraikannya. Beliau pernah meminang seorang wanita pada ayahnya. Sang ayah menunjukkan sifat-sifat puterinya kepada beliau, sampai kemudian berkata, “Dan aku tambahkan kepada engkau bahwa dia (puteriku) tidak pernah merawat orang sakit sama sekali.” Beliau lalu bersabda, “Wanita ini tidak ada kebaikannya sama sekali di sisi Allah.” Beliau lalu mengabaikannya.
    Mas kawin beliau kepada masing-masing isterinya sebanyak 500 dirham, dan hal ini merupakan keterangan yang paling valid, kecuali Shafiyah dan Ummu Habibah.

    Saudara Sepersusuan Nabi Muhammad saw.

    Saudara sepersusuan beliau adalah Hamzah dan Abu Salamah (Abdullah bin Abdul Asad). Keduanya bersama beliau disusui oleh Tsuwaibah (budak wanita milik Abu Lahab) dengan air susu puteranya yang bernama Masruh bin Tsuwaibah. Hamzah dan Abu Salamah merupakan golongan orang-orang yang masuk Islam pertama kali.
    Ada Abu Sufyan bin Harits bin Abdul Mutthalib yang disusui oleh Halimah as-Sa’diyah bersama dengan beliau, dan dia telah menganut Islam.
    Juga Abdullah, Asiah, dan Syima, putera-puteri Halimah dari suaminya, yakni Harits bin Abdul Uzza as-Sa’di. Mereka bertiga dan juga ayah mereka, disebutkan oleh Imam Ibnu Hajar dalam al-Ishabah, termasuk golongan sahabat, kecuali sosok yang akhir, masih ada perbedaan pendapat di kalangan ulama’.

    Paman Nabi Muhammad saw. dari Jalur Ibu

    Adapun paman beliau dari jalur ibu (khal) adalah Aswab bin Wahab. Ia pernah datang kepada Nabi saw. Beliau mengajarinya beberapa untaian kalimat sekaligus memberikan tuntunan suatu doa tertentu kepadanya. Hal ini dituturkan oleh az-Zarqani dalam syarah kitab al-Mawahib. Paman beliau yang lain adalah Abdu Yaghuts bin Wahab, ayah dari Aswad, yang termasuk kalangan yang suka menghina beliau. Adapun bibinya dari jalur ibu adalah Riah binti Wahab.  


    One Response so far.

    1. Masya Alloh....Luar biasa Informasinya....ditunggu kunjungan baliknya..(^_^)

    Leave a Reply

    Shoutul Haromain FM

    follow me

    VISITOR

    free counters