SAPTO DARMO

    Author: Unknown Genre: »
    Rating




    1. Konsep ibadah dalam Sapto Darmo tercermin pada ajaran mereka tentang “Sujud Dasar”. Sujud Dasar terdiri dari tiga kali sujud menghadap ke Timur. Sikap duduk dengan kepala ditundukkan sampai ke tanah, mengikuti gerak naik sperma yakni dari tulang tungging ke ubun-ubun melalui tulang belakang, kemudian turun kembali. Amalan seperti itu dilakukan sebanyak tiga kali. Dalam sehari semalam, pengikut Sapto Darmo diwajibkan melakukan Sujud Dasar sebanyak 1 kali, sedang selebihnya dinilai sebagai keutamaan.
    Telaah:
    Konsep peribadatan Sapto Darmo tercermin dalam ajaran 'Sujud Dasar' yang pengikutnya diwajibkan satu kali dalam sehari semalam. Dari konsep ini diketahui bahwa Sapto Darmo tidak semata-mata berupa ajaran moral atau etika, tetapi aliran ini disamping memiliki sistem aqidah; juga memiliki sistem ibadah tersendiri yang semuanya bertentangan dengan ajaran Islam. Oleh karena itu tidak perlu kaget kalau mendengar penganut aliran ini menolak untuk melaksanakan shalat karena memang mereka mempunyai sistem ibadah (shalat) tersendiri. Pada hakikatnya, penolakan mereka terhadap shalat sudah cukup untuk menggolongkan mereka ke dalam barisan orang-orang di luar Islam (kafir).
    Dalil-dalil tentang kafirnya orang yang menolak shalat dapat kita temui di banyak perkataan dan tulisan para ulama', diantaranya dijelaskan oleh Sayid Sabiq1 sebagai berikut; “Orang yang meninggalkan shalat karena menolak dan mengingkari akan kewajibannya berarti kufur dan keluar dari agama Islam menurut ijma' kaum muslimin.” Padahal, orang yang meninggalkan shalat, tetapi masih mengimani dan meyakini kewajibannya, karena malas, lalai atau alasan-alasan lain yang tidak syar'i, terdapat hadits-hadits yang menjelaskan akan perintah untuk membunuhnya (baik karena anggapan kekafirannya atau sebagai hukuman atas keengganannya melaksanakan kewajiban). Hadits-hadits yang menerangkan hal tersebut ialah:
    Pertama, dari Jabir radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda;
    Artinya; “Pembatas seseorang dengan kekafiran adalah meninggalkan shalat.” (HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah)
    Kedua, dari Buraidah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda;
    Artinya; “Sesungguhnya pengikat antara kami dan mereka adalah shalat; maka barangsiapa meninggalkan shalat berarti telah kafir.” (HR. Ahmad dan Ashabus-Sunan)
    Ketiga, dari 'Abdullah bin Amru bin al-Ash radhiyallahu 'anhu dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwa suatu hari ia berbicara tentang masalah shalat, maka Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
    Artinya; “Barangsiapa memelihara shalat maka baginya cahaya, petunjuk, dan keselamatan di Hari Kiamat. Dan barangsiapa tidak memelihara shalat maka tidak akan mendapatkan cahaya, petunjuk, dan keselamatan di Hari Kiamat; dan kelak dia akan dikumpulkan dengan Qarun, Fir'aun, Haman, dan Ubay bin Khalaf.” (HR. Ahmad, Thabrani, dan Ibnu Hibban; sanadnya jayyid)
    Ibnul-Qayyim rahimahullah berkata; “Orang yang tidak memelihara shalat – umumnya– dilalaikan oleh harta, kekuasaan, jabatan, atau bisnis. Barangsiapa yang lalai karena harta maka ia akan bersama dengan Qarun; barangsiapa yang lalai karena kekuasaan maka ia akan bersama dengan Fir'aun; barangsiapa yang lalai karena jabatan maka ia akan bersama dengan Haman; dan barangsiapa yang lalai karena bisnis maka ia akan bersama dengan Ubay bin Khalaf. …
    Persoalan lain disamping menolak shalat adalah mereka juga memiliki sistem peribadatan tersendiri. Dengan memiliki sistem peribadatan tersendiri, mereka itu selain telah merampas hak Allah, juga terjerumus ke dalam perbuatan syirik, yaitu Syirik Uluhiyah. Mengenai hal itu, terdapat riwayat dari Imam Bukhari dan Imam Muslim bahwa Muadz bin Jabal berkata; “Aku membonceng Nabi mengendarai himar lalu Nabi bertanya kepadaku; 'Tahukah kamu apa hak Allah atas hamba dan hak hamba atas Allah ?' Saya jawab; 'Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.' Kemudian Rasulullah menjelaskan; 'Hak Allah atas hamba adalah mereka menyembah Allah dan tidak menyekutukan dengan sesuatupun, sedangkan hak hamba atas Allah adalah bahwa Allah tidak akan mengadzabnya sepanjang ia tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu…'2
    2. Menyatu dengan Tuhan
    Sebagai hasil dari amalan Sujud Dasar, mereka meyakini dapat menyatu dengan Tuhan dan dapat menerima wahyu tentang hal-hal ghaib. Mereka juga meyakini, orang yang sudah menyatu dengan Tuhan bisa memiliki kekuatan besar (dahsyat) yang disebut sebagai atom berjiwa, akal menjadi cerdas, dan dapat menyembuhkan atau mengobati penyakit.
    Telaah:
    Ajaran ini secara prinsip sama dengan ajaran hulul yang banyak dikembangkan oleh orang-orang rusak dari kalangan tasawuf seperti al-Hallaj. Bedanya, kalau kalangan tasawuf menganggap kondisi bersekutunya Tuhan dengan manusia merupakan buah dari dzikir yang mencapai klimaks, sedangkan menurut Sapto Darmo kondisi itu merupakan buah dari keberhasilan Sujud Dasar.
    3. Hening
    Hening adalah salah satu ajaran Sapto Darmo yang dilakukan dengan cara menenangkan semua fikiran seraya mengucapkan, Allah Hyang Maha Agung, Allah Hyang Maha Rahim, Allah Hyang Maha Adil. Orang yang berhasil dalam melakukan hening akan dapat melakukan hal-hal yang luar biasa, antara lain; (1) dapat melihat dan mengetahui keluarga yang tempatnya jauh, (2) dapat melihat arwah leluhur yang sudah meninggal, (3) dapat mendeteksi suatu perbuatan, jadi dikerjakan atau tidak, (4) dapat mengirim atau menerima telegram rasa, (5) dapat melihat tempat yang angker untuk dihilangkan keangkerannya, (6) dapat menerima wahyu atau berita ghaib.
    Telaah:
    Hasil dari ritual 'hening' seperti yang disebutkan di atas semuanya adalah takhayul dan khurafat, bahkan sebagiannya termasuk syirik. Dapat melihat keadaan keluarga yang jauh, mengirim telegram rasa, dan yang sejenisnya merupakan hal-hal yang tidak ada dasarnya baik dari dasar wahyu (dalil naqli) maupun dasar rasional (dalil aqli).
    Kemudian, hasil 'hening' yang berupa kemampuan menerima wahyu dan dapat melihat arwah leluhur yang telah meninggal, tidak diragukan merupakan suatu bentuk khurafat dan kesyirikan. Termasuk hal yang sudah diketahui dengan pasti bahwa wahyu itu hanya diberikan oleh Allah kepada para Nabi dan Rasul, tidak diberikan kepada sembarang orang, dan tidak bisa diusahakan dengan amalan-amalan tertentu.
    (Sumber http://ahlussunnah.info/. Artikel ini disalin dari majalah Fatawa, volume 2 nomor 1, halaman 51-56, Syawwal 1423 H/2002 M.)
    Bersambung…….

    2 Responses so far.

    1. buat yang menulis posting ini, apakah anda pengikut sapto darmo atau apakah anda bukan pengikut sapto darmo ?

      hanya sebatas pengetahuan saya ; jika ingin mencari kejelekan sapto darmo harus mencari pada yang mengikuti sapto darmo begitu juga jika ingin mengetahui kebaikan sapto darmo harus mencari yang tidak mengikuti sapto darmo.
      artinya; yang mengikuti sapto darmo pasti kesulitan menunjukan kekurangan sapto darmo, dan jika ditemukan pasti itu mendekati nilai kebenaran atau benar benar kurang, sebaliknya.

    2. Anonim says:

      penuh omong kosong dan bualan. suara hati atau suara iblis kau akan sulit membedakannya karena itu berdasar hatimu saja. sementara dalam hati banyak darahnya yang terselip milliaranjuta setan tercela.
      melunaklah secara lemah lembut ,bukan bersikeras dengan pendirian semu yang tertutup hawa nafsu.
      sadarilah hanya manusia yang bisa prihatin yang bisa mencapai titik tertinggi ibadahnya ,jika hanya mendugaduga akanlah sulit sekali akal mencapainya wujud Tuhan ,bahkan mustahil! humanisme hanyalah orangorang filsafat yang melampaui batas sucinya. janganlah kita merendahkan Tuhan. atau meninggikan-mendikte sesui kata hati kita .sungguhlah manusia melampaui batas. sesungguhnya azab Allah sangatlah kejam.
      berhentilah membohongi diri ,jadilah air. pahami Al-Qur'an secara benar ,jadilah benar.
      dan akan kau temui bahwa rindumu sebenarnya dengan Tuhan manusia dan semesta alam. kau temui bukan murni tetua adat yang melestarikan bumi karena nenek moyang pun mendapat rahmat dari-Nya.
      hingga nanti takdir akhir zaman bakal kita temui. hingga ayatayat semacam saptodarmo itu disinggung. jadilah terbuka ,gerakkan akal sehatmu. Sesungguhnya manusia dalam kesesatan yang nyata!

    Leave a Reply

    Shoutul Haromain FM


    Streaming Islam Android App on Google Playstore

    follow me

    VISITOR

    free counters