DAHSYATNYA MALAM SENIN

    Author: Ittihad Tihad Genre: »
    Rating



    Malam senen banyak sekali memberikan keagungan dan keutamaan, andaikan malam senin tidak ada maka niscaya keutamaan atau anurah yang dapat kita rasakan saat ini tidak aka nada .
    Dengan adanya malam senin maka terjadilah isro’mi;roj, kemenangan,ied syafaatul udzhma dan nikmata nikmat yang besar.
    Segala sesuatu yang dirasakan
    oleh seluruh ummat manusia bersumber dari malam senin dimana malam senin tersebut terlahir nabi agung Muhammad shollallohu alaihi wasallam.
    LAULA ANTA YA ROSULALLOH MAH TADAINA
    Tanpa adanya engkau ya rosul iscaya kami tidak akan mendapat petunjuk.
    Syukurilah nikmat yang sangat besar ini, untuk mengungkapkan rasa syukur tersebut maka lahirkanlah rasa gembira dan rayakan. Hal ini sesuai dengan firman alloh
    QUL BIFADLILLAHI WABIROHMATIHI FABIDZALIKA FALYAFROCHUU
    Ahlitafsir mngisyaratkan bahwa fadlulloh adalah ilmu sedangkan RohmatNya adalah Nabi agung Muhammad shollallohu alihi wasallam.
    Ketrangan ini dikuatkan dengan firman lloh yang lain
    WAMA ARSALANAK ILLA ROHMATAN LIL ALAMIIN
    Inilah gambaran perintah alloh apabila kita kedatangan nikmat atau mendapatkannya hedaknya kita bergembira termasuk bila kita mendapat nikamt yang sangat besar yaitu dengan lahirnya Rosululloh Shollallohu Alaihi Wasallam (Maulid Nabi).
    Orang yang pertama kali melkuakn peringatan mauled nabi adalah Nabi shollallohu alaihi wasallam diamana ketika beliau ditanya terkait dengan puasa hari senin belaiu menjawab bahwa hari itu adalah hari dimana aku dilahirkan.
    Dari sini dapat kita ambil pelajaran bahwa peringatan mauled nabi memang dianjurkan dan diperintahkan oleh Alloh dan RosulNya. Janganlah kita banyak memeprtanyakan lagi bagiaman hokum mauled nabi bida’h atau bukan.
    Dari ketrangan diatas juga bisa ambil pelajaran diamana kita harus memperhatikan dengan serius terhadap hari kelahiran nabi
    Nabi adalah seorang yang berharap dn memohon kepada Alloh agar jangan ada segelintir dari ummatku yang masuk neraka selama lamanya Alloh subhanahu wata’ala mengijabahi do’a nabi dengan Firmannya :
    WALASAUFA YU’THI ROBBUKA FATARDLOO
    Sungguh besar perhatian rosululloh terhadap ummatnya, dari sisni dengan apa kita membalas jasa baliau?
    Oleh sebab itu sangat layak bagi kita untuk senantiasa memeprhatikan hari kelahiranya dan Nama baliau sangat berhak dihormati saat disebutkan, oleh sebab itu dalam pemabacaan mauled ada waktu khusu untuk berdiri yang biasa disebut dengan qiyam atau srakaln (asroqol badru.red). bersambung......................

    One Response so far.

    1. Assalamualaikum . . .
      Nanyak tad?
      Knp k0g hari lahirnya ja yg diperingati, sedangkan wafat gmn?

    Leave a Reply

    Shoutul Haromain FM

    follow me

    VISITOR

    free counters