ILMU dan KHIDMAH

    Author: Ittihad Tihad Genre: »
    Rating



    oleh Agus Musthofa
    Ketika ada tamu yang bertanya kepada Abi Ihya' Ulumiddin, apa yang membuat Abi menjadi seperti sekarang? Tersenyum beberapa saat, kemudian Abi Ihya' menjawab :
    "Bisa jadi karena doa guru kami Abuya sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki ketika kami membersihkan sebuah kakus yang (maaf) penuh dengan kotoran manusia dengan menggunakan tangan...."
    Berawal ketika Abuya bepergian ke salah satu rumah beliau yang berada di Madinah. Ketika sampai di tempat, Abuya ingin membuang hajat. Dengan cepat Abi Ihya' Ulumiddin segera masuk ke rumah itu untuk mengecek apakah WC nya sudah bersih atau belum. Ketika masuk, ternyata kakusnya penuh dengan kotoran manusia. Karena memang rumah tersebut lama dalam keadaan kosong. Tanpa berpikir panjang, Abi Ihya' Ulumiddin segera mengambil kotorannya dengan menggunakan tangan. Mengetahui hal tersebut Abuya berkata : "Barokallahu fiik...barokallahu fiik...barokallahu fiik..."
    Selama nyantri kepada abuya sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki, Abi Ihya' Ulumiddin berkhidmah sebagai orang yang menyiapkan kebutuhan temannya untuk sarapan. Mulai dari menyusun menu, belanja keluar sampai menyiapkannya. Selepas selesai tugasnya, Abi Ihya' Ulumiddin membangunkan teman-temannya untuk ta'lim kepada Abuya. Hal itu dilakukan selama Abi Ihya' "mondok" disana.
    Inilah salah satu kunci keberkahan dalam mencari ilmu. Karena jika hanya mencari ilmu saja tidak akan pernah cukup, harus dibarengi dengan khidmah....dikatakan "al ilmu yudrok wal khidmatu la tudrok"
    ( Pujon, 16 Maret 2015. Menjelang Abi Ihya' dan semua elemen ma'had Nurul Haromain Pujon untuk khidmah kepada Abuya sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki melalui kegiatan Mukernas Haiah As Shofwah Al Malikiyyah 18-19 Maret 2015 di Nurul Haromain Pujon )

    Leave a Reply

    Shoutul Haromain FM

    follow me

    VISITOR

    free counters