Puasa Sekolah Pembersihan Diri

    Author: Unknown Genre: »
    Rating



    Puasa memiliki banyak hikmah yang bisa digunakan oleh seorang muslim terbina sebagai sarana mengambil pelajaran dan usaha membersihkan diri. Di antara hikmah-hikmah itu adalah:
    1.      Puasa mendidik dan mengembangkan naluri bertaqwa pada pribadi seorang muslim serta membiasakannya berada dalam ketundukan dan kepatuhan yang merupakan jaminan tegaknya segala urusan. Dengan puasa seorang muslim melindungi diri dari kemaksiatan-kemaksiatan karena puasa meredam syahwat yang menjadi sumber kemakasiatan.
    Berdasarkan makna melindungi ini maka manusia akan menjadi ahli taqwa jika melaksanakan hal berikut:

    a.      Menjauhi kemaksiatan-kemaksiatan (larangan-larangan)
    b.      Menyesal karena telah melakukan kemaksiatan, apapun bentuknya
    c.       Merasa sedih karena tidak menjalankan perintah meskipun hanya perintah sunnah
    d.      Tidak terus menerus melakukan dosa kecil
    e.      Meminimalkan kemaksiatan di mana ia terlanjur jatuh ke dalamnya sampai akhirnya secara total bisa terlepas darinya
    Hal-hal tersebut adalah isyarat (yang bisa difahami) dari firman Allah; “...agar kalian bertaqwa”[1]   
    2.      Puasa sebagai upaya menumbuhkan sifat ketuhanan.
    Allah Menyeru para hambaNya supaya bersifat dengan sifat-sifatNya dan menuntut mereka supaya melakukan penghambaan kepadaNya dengan sifat-sifatNya sesuai dengan kekuatan dan kemampuan mereka. Sementara puasa adalah termasuk di antara sifat-sifatNya,  dan sesungguhnya Dia Memberi makan (tetapi) Dia tidak makan.
    Puasa (juga) melatih manusia agar mencintai kebaikan dan berbuat baik kepada sesama. Puasa menguatkan perasaan kasih sayang dalam diri manusia sehingga menjadikannya berhati lembut, berjiwa baik dan memiliki ketajaman rasa (dzauq). As Sayyid Ahmad bin Idris, Qaddasallahu sirrahu dalam al Iqdun Nafis hal 58 mengatakan:


    “Seorang mukmin setiap kali bersifat dengan salah satu sifat-sifat Allah maka berada dekat dariNya kecuali surat al Ikhlash maka dalam sifat-sifatNya di sini tidak boleh seorangpun bersekutu denganNya karena sesungguhnya Nabi Adam alaihissalam meski tidak dilahirkan tetapi beliau melahirkan. Nabi Isa alaihissalam meski tidak melahirkan tetapi beliau dilahirkan. Sedangkan Allah subhaanahu wata’alaa tidak melahirkan serta tidak (pula) dilahirkan dan tidak ada seorangpun menyamaiNya. Tidak ada Tuhan selain Dia. Kita beriman denganNya, kitab-kitab dan utusan-utusanNya.”
    Dan karena itu semua Allah ta’ala dengan berpuasa Allah memberikan kemampuan kepada manusia untuk bisa bertemu denganNya disertai rasa bahagia sempurna seperti disabdakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallami: “Bagi orang yang berpuasa ada dua kebahagiaan yang dirasakannya; saat berbuka ia berbahagia dan saat bertemu Tuhannya ia berbahagia dengan puasanya”[2] “...Puasa itu milikKu dan Aku akan membalasnya (sesuai dengan ketentuanKu)...”[3]

    3.      Puasa adalah langkah membebaskan diri dari penghambaan kepada syahwat-syahwat.
    Ketika Allah ta’ala telah Menjadikan manusia sebagai Khalifah di bumi maka semestinya ia berhak memiliki segala sesuatu, bukan (sebaliknya) segala sesuatu (justru) memilikinya (memperbudaknya). Karena itulah apabila manusia tenggelam dalam syahwat-syahwatnya maka sungguh ia telah membalikkan hikmah (penciptaan) dan menjadikan pelaku sebagai obyek serta yang tinggi menjadi rendah sebagaimana Allah berfirman:
    “...Musa menjawab,”Patutkah aku mencari Tuhan untuk kamu selain Allah, padahal Dialah yang telah melebihkan kamu atas segala umat...”[4]
    Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai ilahnya dan Allah membiarkannya sesat berdasarkan ilmu-Nya dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (membiarkannya sesat). Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran?[5]

    Dan sungguh Allah ta’ala telah Mengajarkan kepada kita sesungguhnya puasa ramadhan sudah cukup untuk bisa memutuskan semua hal tersebut apabila orang-orang yang berpuasa menjalani puasa sebagaimana semestinya yang karena itulah dikatakan dalam hadits: “Jika hari jum’at selamat maka hari-hari (seluruhnya) selamat. Dan jika ramadhan selamat maka seluruh tahun selamat” [6]
    “Ya Allah, serahkanlah kami kepada ramadhan. Serahkanlah ramadhan kepada kami  dan terimalah ramadhan dari kami dengan sepenuh penerimaan!”

     



    ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…
    ู…َุฏْุฑَุณَุฉُ ุงู„ุตَّูˆْู…ِ ุงู„ุชَّู‡ْุฐِูŠْุจِูŠَّุฉُ
    ู„ِู„ุตَّูˆْู…ِ ุญِูƒَู…ٌ ุนَุฏِูŠْุฏَุฉٌ ูŠَุนْุชَุจِุฑُ ูˆَูŠَุชَู‡َุฐَّุจُ ุจِู‡َุง ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ُ ุงู„ْูˆَุงุนِู‰,
     ูˆَู…ِู†ْ ุฐَู„ِูƒَ:
    1.  ุงู„ุตَّูˆْู…ُ ูŠُุฑَุจِّูŠْ ูِูŠْู‡ِ ูˆَูŠُู†َู…ِّูŠْู‡ِ ู…َู„َูƒَุฉَ ุงู„ุชَّู‚ْูˆَู‰ ูˆَูŠُุนَูˆِّุฏُู‡ُ ุนَู„َู‰ ุงู„ْุญُุถُูˆْุนِ ูˆَุงู„ุทَّุงุนَุฉِ ุงู„َّุชِู‰ ู‡ِูŠَ ุงู„ุถَّู…َّุงู†ُ ู„ุงِุณْุชِู‚َุงู…َุฉِ ุฃَู…ْุฑِู‡ِ, ูˆَูŠَุชَّู‚ِู‰ ุจِู‡ِ ุงู„ْู…َุนَุงุตِูŠَ ู„ِุฃَู†َّู‡ُ ูŠَูƒْุณِุฑُ ุงู„ุดَّู‡ْูˆَุฉَ ุงู„َّุชِู‰ ู‡ِูŠَ ู…َุจْุฏَุคُู‡َุง. ูˆَุนَู„َู‰ ู‡َุฐَุง ุงู„ْู…َุนْู†َูŠ ุงูŠ ุงู„ุฅِุชِّู‚َุงุกِ ูŠَูƒُูˆْู†ُ ุงู„ْุฅِู†ْุณَุงู†ُ ู…ِู†ْ ุฃَู‡ْู„ِ ุงู„ุชَّู‚ْูˆَู‰ ุฅِุฐَุง ุนَู…ِู„َ ู…َุง ูŠَุฃْุชِูŠ:
    ุฃ‌-                 ุงู„ْุฅِุจْุชِุนَุงุฏُ ุนَู†ِ ุงู„ْู…َุนَุงุตِูŠ ุงู„ْู…َู†ْู‡ِูŠِّ ุนَู†ْู‡َุง
    ุจ‌-          ุงู„ู†َّุฏَู…ُ ุนَู„َู‰ ุงุฑْุชِูƒَุงุจِ ุฃَูŠَّุฉِ ู…َุนْุตِูŠَุฉٍ
    ุฌ-   ุงู„ุชَّุฃَุณُّูُ ุนَู„َู‰ ุนَุฏَู…ِ ูِุนْู„ِ ุงู„ْู…َุฃْู…ُูˆْุฑِ ุจِู‡ِ ูˆَุฅِู†ْ ูƒَุงู†َ ุชَุทَูˆُّุนًุง
    ุฏ-    ุนَุฏَู…ُ ุงู„ْุฅِุตْุฑَุงุฑِ ุนَู„َู‰ ุงุฑْุชِูƒَุงุจِ ู…َุนْุตِูŠَุฉٍ ุตَุบِูŠْุฑَุฉٍ
    ู‡-    ุงู„ุชَّู‚َู„ُّู„ُ ุนَู†ْ ู…َุนْุตِูŠَุฉٍ ูˆَู‚َุนَ ูِูŠْู‡َุง ุญَุชَّูŠ ูŠَุชَุฎَู„َّุตَ ู…ِู†ْู‡َุง
    ูˆَุฅِู„َู‰ ุฐَู„ِูƒَ ุงู„ْุฅِุดَุงุฑَุฉُ ุจِู‚َูˆْู„ِู‡ِ ุชَุนَุงู„َู‰: (...ู„َุนَู„َّูƒُู…ْ ุชَุชَّู‚ُูˆْู†َ) ุงู„ุจู‚ุฑุฉ:183.
    2.  ุงู„ุตَّูˆْู…ُ ุงุชِّุตَุงูٌ ุจِุตِูَุฉِ ุงู„ู„ู‡ِ ุชَุนَุงู„َู‰
    ุฏَุนَุง ุงู„ู„ู‡ُ ุชَุนَุงู„َู‰ ุนِุจَุงุฏَู‡ُ ุฅِู„َู‰ ุงْู„ุฅِุชِّุตَุงูِ ุจِุฃَูˆْุตَุงูِู‡ِ ูˆَุชَุนَุจَّุฏَู‡ُู…ْ ุจِู‡َุง ุนَู„َู‰ ู‚َุฏْุฑِ ุทَุงู‚َุชِู‡ِู…ْ ูˆَูˆُุณْุนِู‡ِู…ْ, ูˆَุงู„ุตَّูˆْู…ُ ู…ِู†ْ ุฃَูˆْุตَุงูِู‡ِ ูˆَุฃَู†َّู‡ُ ุงู„َّุฐِู‰ ูŠُุทْุนِู…ُ ูˆَู„ุงَ ูŠَุทْุนَู…ُ
    ูˆَุงู„ุตَّูˆْู…ُ ูŠُุนَูˆِّุฏُ ุงู„ْุฅِู†ْุณَุงู†َ ุนَู„َู‰ ุญُุจِّ ุงู„ْุฎَูŠْุฑِ ูˆَุงู„ْุฅِุญْุณَุงู†ِ ูˆَูŠُู‚َูˆِّูŠْ ูِูŠْู‡ِ ุนَุงุทِูَุฉَ ุงู„ุฑَّุญْู…َุฉِ ูَูŠَุฌْุนَู„ُู‡ُ ุฑَู‚ِูŠْู‚َ ุงู„ْู‚َู„ْุจِ ุทَูŠِّุจَ ุงู„ู†َّูْุณِ ุญَุณَّุงุณَ ุงู„ุฐَّูˆْู‚ِ . ู‚َุงู„َ ุงู„ุณَّูŠِّุฏُ ุฃَุญْู…َุฏُ ุจْู†ُ ุฅِุฏْุฑِูŠْุณَ ู‚َุฏَّุณَ ุงู„ู„ู‡ُ ุณِุฑَّู‡ُ ูู‰ِ ูƒِุชَุงุจِู‡ِ  ((ุงู„ْุนِู‚ْุฏُ ุงู„ู†َّูِูŠْุณُ)) ุต 58:
    "ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ُ ูƒُู„َّู…َุง ุงุชَّุตَูَ ุจِุตِูَุฉٍ ู…ِู†ْ ุตِูَุงุชِ ุงู„ู„ู‡ِ ู‚َุฑُุจَ ู…ِู†ْู‡ُ ุฅِู„ุงَّ ุณُูˆْุฑَุฉَ ุงْู„ِุฅุฎْู„ุงَุตِ ูَู„ุงَ ูŠُุดَุงุฑِูƒُู‡ُ ูِู‰ ุตِูَุงุชِู‡ِ ูِูŠْู‡َุง ุฃَุญَุฏٌ ูَุฅِู†َّ ุขุฏَู…َ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ู„ู€َู…ْ ูŠُูˆْู„َุฏْ ู„َูƒِู†َّู‡ُ ูŠَู„ِุฏُ ูˆَุนِูŠْุณَู‰ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ู„ู€َู…ْ ูŠَู„ِุฏْ ู„َูƒِู†َّู‡ُ ูŠُูˆْู„َุฏُ ูˆَุงู„ู„ู‡ُ ุณُุจْุญَุงู†َู‡ُ ูˆَุชَุนَุงู„َู‰ ู„َู…ْ ูŠَู„ِุฏْ ูˆَู„َู…ْ ูŠُูˆْู„َุฏْ ูˆَู„َู…ْ ูŠَูƒُู†ْ ู„َู‡ُ ูƒُูُูˆًุง ุฃَุญَุฏٌ ู„ุงَุฅِู„ู‡َ ุฅِู„ุงَّ ู‡ُูˆَ ุขู…َู†َّุง ุจِู‡ِ ูˆَูƒُุชُุจِู‡ِ ูˆَุฑُุณُู„ِู‡ِ .ุฅู‡ู€" ูˆَู„ِุฃَุฌْู„ِ ุฐَู„ِูƒَ ูŠُุคَู‡ِّู„ُู‡ُ ุชَุนَุงู„َู‰ ุจِุตِูŠَุงู…ِู‡ِ ุนَู„َู‰ ู„ِู‚َุงุฆِู‡ِ ุชَุนَุงู„َู‰ ู…َุนَ ุงู„ْูَุฑَุญِ ุงู„ุชَّุงู…ِّ ูƒَู…َุง ู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆْู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ: [...ู„ِู„ุตَّุงุฆِู…ِ ูَุฑْุญَุชَุงู†ِ ูŠَูْุฑَุญُู‡ُู…َุง: ุฅِุฐَุง ุฃَูْุทَุฑَ ูَุฑِุญَ ูˆَุฅِุฐَุง ู„َู‚ِูŠَ ุฑَุจَّู‡ُ ูَุฑِุญَ ุจِุตَูˆْู…ِู‡ِ] ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑู‰:1904. [...ุงู„ุตِّูŠَุงู…ُ ู„ِูŠْ ูˆَุฃَู†َุง ุฃَุฌْุฒِูŠْ ุจِู‡ِ...] ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑู‰:1894.
    3.  ุงู„ุตَّูˆْู…ُ ุชَุญَุฑُّุฑٌ ู…ِู†َ ุงู„ْุนُุจُูˆْุฏِูŠَّุฉِ ู„ِู„ุดَّู‡َูˆَุงุชِ
    ุญِูŠْู†َ ุฌَุนَู„َ ุงู„ู„ู‡ُ ุชَุนَุงู„َู‰ ุงْู„ุฅِู†ْุณَุงู†َ ุฎَู„ِูŠْูَุฉً ูِู‰ ุงู„ْุฃَุฑْุถِ ูƒَุงู†َ ู…ِู†ْ ุญَู‚ِّู‡ِ ุฃَู†ْ ูŠَูƒُูˆْู†َ ู…َุงู„ِูƒًุง ู„ِู„ْุฃَุดْูŠَุงุกِ ู„ุงَ ุฃَู†ْ ุชَูƒُูˆْู†َ ู…َุงู„ِูƒَุฉً ู„َู‡ُ ูˆَู„ِุฐู„ِูƒَ ุฅِุฐَุง ุงุณْุชَุบْุฑَู‚َ ุงู„ْุฅِู†ْุณَุงู†ُ ูِู‰ ุดَู‡َูˆَุงุชِู‡ِ ูَู‚َุฏْ ู‚َู„َุจَ ุงู„ْุญِูƒْู…َุฉَ ูˆَุตَูŠَّุฑَ ุงู„ْูَุงุนِู„َ ู…َูْุนُูˆْู„ุงً ูˆَุงู„ْุฃَุนْู„َู‰ ุฃَุณْูَู„َ ูƒَู…َุง ู‚َุงู„َ ุงู„ู„ู‡ُ ุชَุนَุงู„َู‰: [[ู‚َุงู„َ ุฃَุบَูŠْุฑَ ุงู„ู„ู‡ِ ุฃَุจْุบِูŠْูƒُู…ْ ุฅِู„ู€ู‡ุงً ูˆَู‡ُูˆَ ูَุถَّู„َูƒُู…ْ ุนَู„َู‰ ุงู„ْุนَุงู„َู…ِูŠْู†َ]] ุงู„ุฃุนุฑุงู:140. [[ุฃَูَุฑَุฃَูŠْุชَ ู…َู†ِ ุงุชَّุฎَุฐَ ุฅِู„َู€ู‡َู‡ُ ู‡َูˆَุงู‡ُ ูˆَุฃَุถَู„َّู‡ُ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َู‰ ุนِู„ْู…ٍ ูˆَุฎَุชَู…َ ุนَู„َู‰ ุณَู…ْุนِู‡ِ ูˆَู‚َู„ْุจِู‡ِ ูˆَุฌَุนَู„َ ุนَู„َู‰ ุจَุตَุฑِู‡ِ ุบِุดَุงูˆَุฉً ูَู…َู†ْ ูŠَู‡ْุฏِูŠْู‡ِ ู…ِู†ْ ุจَุนْุฏِ ุงู„ู„ู‡ِ ุฃَูَู„َุง ุชَุฐَูƒَّุฑُูˆْู†َ]]ุงู„ุฌุงุซูŠุฉ:23.
    ูˆَู‚َุฏْ ุนَู„َّู…َู†َุง ุงู„ู„ู‡ُ ุชَุนَุงู„َู‰ ุฃَู†َّ ุตَูˆْู…َ ุฑَู…َุถَุงู†َ ูŠُุบْู†ِูŠ ูِู‰ ู‚َุทْุนِ ุฐَู„ِูƒَ ูƒُู„ِّู‡ِ ุฅِุฐَุง ุตَุงู…َู‡ُ ุงู„ุตَّุงุฆِู…ُูˆْู†َ ูƒَู…َุง ูŠَู†ْุจَุบِู‰ ุฃَู†ْ ูŠُุตَุงู…َ ูˆَู„ِุฐَู„ِูƒَ ู‚ِูŠْู„َ ูู‰ِ ุงู„ْุญَุฏِูŠْุซِ : (ุฅِุฐَุง ุณَู„ِู…َุชِ ุงู„ْุฌُู…ْุนَุฉُ ุณَู„ِู…َุชِ ุงู„ْุฃَูŠَّุงู…ُ ูˆَุฅِุฐَุง ุณَู„ِู…َ ุฑَู…َุถَุงู†ُ ุณَู„ِู…َุชِ ุงู„ุณَّู†َุฉُ ูƒُู„ُّู‡َุง)  ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุฏุงุฑู‚ุทู†ูŠ ุนู† ุนุงุฆุดุฉ (ุงู†ุธุฑ: ููŠุถ ุงู„ู‚ุฏูŠุฑ:685).ุฃَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุณَู„ِّู…ْู†َุง ู„ِุฑَู…َุถَุงู†َ ูˆَุณَู„ِّู…ْ ุฑَู…َุถَุงู†َ ู„َู†َุง ูˆَุชَุณَู„َّู…ْู‡ُ ู…ِู†َّุง ู…ُุชَู‚َุจَّู„ุงً. ุขู…ِูŠْู†.
    =ูˆุงู„ู„ู‡ ูŠุชูˆู„ู‰ ุงู„ุฌู…ูŠุน ุจุฑุนุงูŠุชู‡=





    [1] QS al-Baqarah:183
    [2] HR Bukhari no: 1904
    [3] HR Bukhari no: 1894
    [4] QS al A’raaf:140
    [5] QS al-Jatsiyah:23
    [6] HR Daruquthni dari A’isyah ra (lihat Faedhul Qadir no:685)

    Leave a Reply

    Shoutul Haromain FM


    Streaming Islam Android App on Google Playstore

    follow me

    VISITOR

    free counters