Dasar Mencetak Insan Berprestasi

    Author: Ittihad Tihad Genre: »
    Rating


    بسم الله الرحمن الرحيم

    Segala puji bagi Allah, pujian yang selaras dengan nikmat-nikmatNya
    dan membuatNya senantiasa mencurahkan tambahan (nikmat)Nya. Shalawat
    Salam atas Rasulullah, keluarga, sahabat dan orang-orang yang mengikuti
    petunjuknya.

    Sesungguhnya pendidikan islam adalah sebuah pondasi guna mencetak
    para insan berprestasi, dan bukan sekedar menghasilkan
    keahlian-keahlian dalam berbagai disiplin ilmu (yang dilengkapi) dengan
    ijazah, sebagaimana Rasulullah shallallahu alaihi wasallam telah mendidik para sahabat mulia radhiyallahu anhum;
    Bilal yang asalnya seorang lemah menjadi begitu mulia, Umar bin al
    Khatthab yang sebelumnya seorang yang kasar menjadi seorang yang lemah
    lembut, Anas bin Malik yang pada mulanya adalah seorang pembantu lalu
    bisa masuk dalam jajaran orang-orang pandai di kalangan sahabat,
    Mush’ab bin Umer yang dari seorang anak manja kemudian berubah menjadi
    pribadi yang begitu tangguh, dan masih banyak lagi para sahabat yang
    bisa dijadikan contoh keberhasilan kaderisasi (Takwiin) yang dilakukan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

    Al Habib Muhammad bin Alawi al Maliki al Hasani Qaddasallahu sirrahu dalam bukunya Ushulut Tarbiyah An Nabawiyyah hal 8 mengatakan:

    [Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam tidak memiliki
    sekolah permanen atau pesantren khusus untuk mengajar yang di sana
    Beliau duduk dan secara rutin dikelilingi oleh para sahabat.
    Majlis-majlis ilmu beliau justru lebih luas dan menyeluruh laksana
    hujan turun di semua tempat sehingga memberikan manfaat kepada semua
    orang.  Dalam pasukan beliau adalah seorang pembina dan pemberi nasehat
    yang nasehatnya bisa membakar hati dan sabdanya mampu menyalakan
    semangat para tentara. Dalam bepergian beliau adalah seorang pengarah
    dan pemberi petunjuk. Di rumah beliau memberikan arahan keluarganya. Di
    masjid beliau adalah pengajar, penceramah, hakim (Qadhi), pemberi fatwa dan seorang murabbi.
    Dalam bepergian, orang-orang lemah mencegat beliau di jalan untuk
    bertanya masalah agama maka beliaupun berhenti (untuk memberikan
    pencerahan).


    Kunci dari mencetak insan berprestasi (Takwiin) ini  adalah firman Allah; “Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu Dzat yang telah menciptakan”QS al Alaq:1. Dalam firman Allah; (Bacalah)
    adalah dorongan untuk membaca secara luas; di antaranya segala sesuatu
    yang bisa menjadi sarana mendapatkan ilmu pengetahuan baik yang pokok
    ataupun yang hanya sekedar menjadi pelengkap sebagaimana diisyaratkan
    sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam: “
    (Dasar)
    Ilmu ada tiga, dan selain itu adalah hanya keutamaan (atau bahkan tidak
    berguna); ayat muhkamah, sunnah qa’imah dan faro’idh yang adil”
    (HR Abu Dawud Ibnu Majah Hakim dalam Faidhul Qadir 4/386)
    Kata fadhlun adalah bentuk jamaknya adalah fadha’il yang berarti segala sesuatu yang mengandung kebaikan, atau jamaknya fudhuul yang berarti segala hal yang sama sekali tidak ada kebaikan di dalamnya.

    Dalam firman Allah; “...dengan menyebut nama Tuhanmu” terdapat dua isyarat:


    1.Hubungan pembaca dengan Tuhannya terkait ilmu yang dimiliki
    sebagai sebuah anugerah dari Allah yang disertai dengan pengertian akan
    keagungan dan kemuliaanNya.

    2.Pengakuan pembaca akan kelemahan dirinya bahwa ilmu dan
    pengetahuan yang didapatkannya bukanlah karena diri, kuasa dan
    kekuatannya, akan tetapi semata karena Allah ta’ala.

    Hal tersebut akan mengantarkan seorang pembaca (seorang berilmu) pada sikap tawaadhu’ dan tidak sombong berbangga diri seperti dikatakan Nabi Sulaiman alaihissalam: “Sulaiman berkata: Ini adalah bagian dari anugerah Tuhanku agar Dia Mengujiku apakah aku bersyukur atau ingkar”QS An Nahl:40, bukan seperti dikatakan Qarun; “...sesungguhnya aku diberikan semua ini adalah semata karena ilmu yang ku muliki”QS Al Qashash:78.

    Sebagai cara memudahkan untuk memahami topik ini maka kami memberikan diagram seperti di bawah ini:






    Membentuk seorang pelajar yang memiliki ketawadhu’an, adab dan dzauq






    Dengan semua ini niscaya akan lurus perilaku seorang berilmu
    sehingga ia bisa menunaikan kewajiban menyebarkan ilmu dan memberikan
    manfaat kepada manusia. Imam Malik rahimahullah mengatakan: [Hal terpenting bukanlah banyaknya ilmu, tetapi yang terpenting adalah berkah ilmu]. Imam Syafi’I rahimahullah
    mengatakan: [Ilmu bukanlah apa yang diambil (dipelajari) tetapi ilmu
    yang sebenarnya hanyalah hal yang bermanfaat]. As Sayyid Alawi bin
    Abbas al Maliki al Hasani rahimahullah berkata: [Ijazah seseorang adalah ilmu dan kemanfaataanya bagi manusia]


    Dari berbagai cara untuk sukses mencapai tujuan ini yang paling
    cepat bagi seorang pencari ilmu adalah dengan memiliki seorang guru murabbi,
    yang mendidik hatinya, membersihkan akhlaknya, menuntunnya kepada Allah
    dan karena bergaul dengan sang guru ini Allah menjaganya dari
    keburukan, hawa nafsu dan kemaksiatan, rabbaani, seorang guru yang mengajarkan ilmu-ilmu dasar sebelum ilmu-ilmu yang besar (luas), mursyid, seorang guru yang mencapat maqam rusyd yaitu yang mengumpulkan ilmu, amal dan ikhlash yang merupakan oknum kehidupan. Karena itulah Nabi Musa alaihissalam
    bergegas berjalan di belakang seorang hamba yang shaleh agar bisa
    belajar kepadanya seraya mengatakan dengan penuh ketawadhu’an dan
    tatakrama; “...bolehkah saya mengikuti anda supaya anda mengajarkan kepadaku kebenaran yang telah diajarkan kepada andaQS al Kafi:66. Dan ketika hamba yang shaleh tersebut memberikan jawaban: “Sesungguhnya kamu tidak akan pernah sanggup bersabar bersamakuQS al Kahfi: 68, maka Nabi Musa alaihissalam dengan sangat berharap bergumam: “...insya Allah anda akan mendapatkan diriku sebagai seorang yang sabar, dan saya tidak akan menentang anda dalam urusan (apapun)QS al Kahfi: 70.
    =والله يتولى الجميع برعايته=








    بسم الله الرحمن الرحيم
    أَسَاسٌ عَلَى تَكْوِيْنِ الرِّجَالِ
    حمدا يوافى نعمه ويكافئ مزيده. وصلاة وسلاما على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن تبع هداه, وبعد :
    فإن التربية الإسلامية تقوم أساسا على تكوين الرجال وليست مجرد الحصول على المؤهّلات العلمية بشهادتها كما ربّي به رسول الله صلى الله عليه وسلم أصحابه الكرام فهذا بلال كان ضعيفا فصار مرفوعا, وهذا عمر بن الخطاب كان شديدا فصار لـيّنا, وهذا أنس بن مالك كان خادما فصار علما من أعلام الصحابة, وهذا مصعب بن عمير كان ذا دلاء فصار ذا متانة وهكذا كفى بـأمثالهم نموذجا فى التكوين .
    قال سيدي الوالد الحبيب محمد بن علوى المالكى الحسنى قدس الله سـره فى كتابه: أصول التربية النبوية ص 8:
    [لم يكن للنبي صلى الله عليه وسلم مدرسة مشـيدة ولا معهد للتعليم يجلس فيه إلى أصحابه يحاضرهم بل كانت مجالسه العلمية واسعة عامة شاملة كالغيث يـنـزل فى كل مكان وينفع الخاص والعام فهو فى الجيش معلم وواعظ يلهب القلوب بوعظه ويحمس الجنود بقوله, وهو فى السفر مرشد وهاد, وهو فى البيت يعلم أهله, وهو فى المسجد  مدرس وخطيب وقاض ومفت ومرب, وهو فى الطريق يستوقفه أضعف الناس يسأله عن أمر دينه فيقف] إ ه .
    ولهذا التكوين مفتاح وهو قوله تعالى [اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِى خَلَقَ] العلق:1, فى قوله (اقرأ) تهيـيج على القراءة الشاملة التى منها ما يتوسل به إلى الحصول على المعارف العلمية أساسها وإضافتها كما أشار إليه قوله صلى الله عليه وسلم: [الْعِلْمُ ثَلَاثَةٌ وَمَا سِوَى ذَلِكَ فَهُوَ فَضْلٌ آيَةٌ مُحْكَمَةٌ اَوْسُنَّةٌ قَائِمَةٌ اَوْ فَرِيْضَةٌ عَادِلَةٌ] رواه أبو داود وابن ماجة والحاكم (فيض القدير 4/386) . (فَضْلٌ) جمعه فضائل يطلق على ما فيه خير و (فَضْلٌ) جمعه فضول على ما لا خير فيه .
    وفى قوله (بِاسْمِ رَبِّكَ) ما يشير إلى أمرين:
    أ   - صلة القارئ بربه فى علمه المصحوب بمعرفة عظمته تعالى وجلاله فضلا منه
    ب - اعتراف القارئ بعجز نفسه فى أن ما ناله من علم ومعرفة ليس باسم نفسه وقدرته وقوته بل باسم الله تعالى, وبذلك ينساق إلى التواضع فى حاله وعدم الترفع بنفسه كما قال سليمان عليه السلام (قَالَ هَذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّي لِيَبْلُوَنِي أَأَشْكُرُ أَمْ أَكْفُرْ) النحل:40, لا كما قال قارون:  (قَالَ إِنَّماَ أُوْتِيْتُهُ عَلَى عِلْمٍ عِنْدِى) القصص:78.
    وعلى سبيل التقريب لفهم هذا الموضوع يمكن أن نعطي الرمز إلى هذه الصورة:
        تكوين الطالب القارئ على التواضع والأدب والذوق

    وبهذا كله يستقيم حاله فيؤدى ما عليه من واجب نشر علمه ونفعه للناس . قال الإمام مالك رحمه الله: ليس العبرة بكثرة العلم إنما العبرة ببركته . وقال الإمام الشافعى رحمه الله: ليس العلم ما أخذ وإنما العلم ما نفع . وقال السيد علوى بن عباس المالكى الحسنى رحمه الله: شهادة الرجل علمه ونفعه للناس.
    وأقرب شتى سبل إلى حصول هذا القصد أن يطلب له شيخا مربّيا وهو الذى يربي قلبه ويهذب أخلاقه ويأتي بيده إلى الله والذى بصحبته ألله يحفظه من الشـر والهوى والمعاصى, ربّانيا وهو الذى يعلم صغار العلم قبل كباره, مرشدا وهو الذى بلغ مقام الرشد حيث جمع العلم والعمل والإخلاص التى هي أقانيم الحياة.
     ولذلك سعى نبي الله موسى عليه السلام وراء العبد الصالح ليتعلم منه قائلا له بكل تواضع وأدب (هَلْ أَتَّبِعُكَ عَلَى أَنْ تُعَلِّمَنِ مِمَّا عُلِّمْتَ رُشْدًا) الكهف:66, وعند ما أجابه العبد الصالِح (إِنَّكَ لَنْ تَسْتَطِيْعَ مَعِيَ صَبْرًا) الكهف:68, قَال له موسى عليه السلام بتودد بالغ (سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللهُ صَابِرًا وَلاَ أَعْصِى لَكَ أَمْرًا) الكهف:70.
    =والله يتولى الجميع برعايته=

    Leave a Reply

    Shoutul Haromain FM

    follow me

    VISITOR

    free counters